Senin, 03 November 2014

never know when you must say good bye..

Disaat gua pengen review vendor dan cerita tentang hari H, ternyata harus terpending dan tersimpan di draft.

yah, bukan karena gua males juga sih.

Sekarang gua bingung yang mana harus gua tulis dan post duluan.

Ketika 16 hari yang lalu gua merasakan hectic-nya dan grogi yang benar-benar tinggi. Jumat kemarin, 13 hari setelah hari H, gua harus melepaskan kung2 gua. :(

Entahlah, apa rasanya..

Minggu kemarin itu gua sibuk dengan urusan kantor. Yang biasanya gua bisa blogwalking, sekarang gak bisa. Yang ada, pulang kantor gua pengennya tidur.

Flashback minggu kemarin....

Hari Selasa, gua telpon kung-kung gua. Karena CD SDE gua ketinggalan disana kayanya. Seminggu sebelumnya gua kesana, nengok kung2 gua yg katanya ga enak badan. Sekalian nyetel cd SDE gua. Pas di telpon, kata kung2, udah disimpenin sama kung2. Kung2 nawarin, mau dianter ke rumah gua gak cd nya? Gua bilang ga usah, karena gua mau pergi, nanti diambil kesana aja.. Kata kung2, yaudah..

Hari Rabu, bokab gua ketinggalan brownies (pesenan kue). Jadi, Eric disuruh anterin brownies ke rumah popo gua. Ya disana Eric sbenernya agak males. Cuma kan ya dia tetep pegi. Sekitar jam setengah 8 gitu. Sedangkan gua tidur. Katanya dia ga enak bangunin gua. Padahal gua pengen ikut ke rumah popo gua. Dia bilang dia cuma bentar, nanti dia balik.
Eric pulang ke rumah uda bawa CD nya.
Katanya, kung2 tanyain gua, kenapa gua kok ga ikut ke sana. Eric bilang gua tidur. Itu tadinya si kung2 mau lebih lama ngobrol, tapi Ericnya pengen cepet pulang. Dia juga agak cape gitu.

Hari Kamis, ternyata brownies si papa ketinggalan lagi. Sampe 2x ketinggalan. Gak biasa banget.
Akhirnya gua ikut nganter. Itung2 mau ke baywalk sekalian ah mau nonton. Udah lama banget gak nonton. Si mama juga bilang ke gua sama Ican (ade gua yang cowo), siapa yang mau anter ke rumah popo. Kata Ican, dy mau jemput cewenya dulu. Mau ikut nonton sama gua di baywalk. Jadi gua yang anter kue. Sampe sana, komplek rumah popo ada yang lagi mau nikah gitu. Jadi lagi pasang tenda gede gitu.  Eric parkir di belokan masuk blok rumah popo. Tapi dia ga ikut masuk, gua aja.
Pas liat gua, entah kenapa muka kung2 gua seneng banget. Kung2 gua tanya, siapa yang mau telponin papa gua kasih tau kuenya uda dianter. Gua bilang, kung2 aja. Terus kan gua buru-buru gitu. Si kung2 tanya, mau jalan lagi ya? Gua bilang iyaa.. Si kung2 bilang, yauda kalo mau jalan lagi, nanti kung2 yang hubungin papa.
Si popo ga lama keluar dari kamar mandi. Si popo mukanya merah gitu. Ga enak badan. Terus gua salim, pamit pulang sama popo sama kung2. 
Kita nonton jm 9.15. Selesai sekitar jm 11an. Terus gua lupa, nganter undangan sepupu gua ke rumah popo. Uda bawa undangan tapi lupa kasih. 
Si Eric nawarin, mau nganterin lagi ga.. karena uda malem, gua bilang ga usah.. pulang aja..

Hari Jumat, jam 9, si mama telpon gua, bilang kalo kung2 pingsan. Terus lagi dicoba bawa ke rumah sakit. Wktu itu gua lagi training customer. Gua uda ga tenang banget. Coba telpon ke popo, terus diangkat sama ii. Tapi si ii lagi teriak2 gitu, panik. Sekitar jam 10 kurang, pas lagi break, gua telpon lagi. tapi hp popo ga diangkat. Yauda, gua lanjut ngajar lagi. Feeling gua udah ga enak banget. Hp gua uda gua kecilin volumenya, tapi ada telp ke BB yang lupa di silent. Eh, itu nomor Eric.
Gua angkat....

Eric : "Bebb, kamu lagi apa? sibuk ga? Nanti jam makan siang bisa keluar kantor ga?"
Gw : "Lagi ngajar. Emang mau kemana?"
Eric : "Ke rumah sakit. kita ke kung2"
Gw : ....
Eric : "Dutt.. kung2 udah ga ada..."
Gw : "Hah?!" (teriak di depan customer)
Eric : "Tadi Ican telpon aku. Katanya dia telpon kamu tapi gak diangkat-angkat.."

Gua langsung lemes banget. langsung jongkok, nangis...

Temen gua langsung back up gua, gantiin gua di depan cust. Gua nangis di depan pintu. T__T

Eric bilang mau jemput gua. Gua pun akhirnya ijin pulang...

Ican telpon, bilang langsung ke rumah popo aja. Jangan ke RS. Karena kung2 mau dibawa pulang dulu. 

Sampe sana, jenazah kung2 belum sampe rumah. Skitar jam 12 baru sampe di rumah. Gua ngeliat nyokab gua nangis sampe sedih banget. Popo gua uda bengkak banget matanya. Ican pun nangis. Smua nangis. Gak ada yang siap dengan kepergian kung2 yang begitu mendadak.

Paginya, kung2 masih sempet mijitin popo gua yang lagi sakit. Abis itu kung2 baca koran di ruang tamu. Popo masuk ke kamar buat rebahan sbentar. Gak lama kemudian, hp kung2 bunyi. Popo ambilin hp kung2, kasihin ke kung2 kalo ada telp.
Ternyata kung uda ga sadar. Popo teriak2 nyari bantuan tetangga. Akhirnya ada tetangga yang bantuin panggilin ii gua di rumahnya (rumah ii gua cuma beda gang gitu sama popo gua), terus di bawa ke RS PIK. Di RS, udah dicoba pacu jantung 30 menit. Tapi ga ada hasilnya.
Dinyatakan meninggal pukul 09.30. 

Setelah selesai sholat Jumat, kung2 pun dimandikan. Lalu diberikan kain kafan. Ya Tuhan, sedih banget. Itulah terakhir bisa melihat muka kung-kung. Kung-kung yang paling gua sayang.... 

Semua begitu mendadak. Tanpa ada sakit-sakit. Bahkan muka kung2 pun terlihat senyum. Tanpa ada rasa khawatir meninggalkan istri, anak2, dan cucu2. Tanpa ada rasa menahan sakit saat ajal menjemput. Tanpa ada hal-hal lain yang dikhawatirkan. Muka kung2 terlihat ikhlas.

---

Kung... makasi ya...

Makasi udah sayang sama mela..
Makasi uda mau gendong mela pas mela bayi sampe gede..
Makasi uda mau inung-inung mela tiap hari sampe mela tidur..
Kung-kung selalu bilang, mela ga bakal tidur kalo gak digendong kung2 sambil dinyanyiin lagu "kodok ngorek.."
Kung-kung selalu bilang, kalo mela tuh kesayangan..

Makasi kung.. 
Waktu mela ke singapur kemarin, kung2 mau anter jemput mela ke bandara..
Waktu mela wisuda, kung2 mau anter, nunggu mela..
Waktu mela merid, masih bisa hadir pas mela merid kemarin..

Kung..
Mela baru tau, kung2 sempet berdoa sama Tuhan kalo kung2 minta sama Tuhan supaya jangan panggil kung2 dulu sebelum mela selesai merid..
Mela baru tau dari Eric, setelah tea pai, kung2 bilang ke Eric, suruh Eric jagain mela..

Kung..
Biarpun kung2 galak.. suka ngomong kasar.. ceplas ceplos..
Mela tau, kung2 begitu sayang sama smua keluarga kung2..
Kung2 cuma gengsi nunjukkin sayang kung2..

Mela tau, kung2 seneng kan mela sekarang uda merid? makanya kung2 bisa ngelepas mela..

Kung..
Makasih buat semuanya...
Makasih buat cinta kung2 untuk keluarga..

Kung... kung2 ga akan pernah tergantikan...
Mela sayang kung2.. Popo, mama, ii, semuanya sayang sama kung-kung...

Kung2 sekarang udah gak sakit lagi.. gak perlu khawatirin siapa2 lagi.. 
kung2 uda sama2 Tuhan sekarang...

Selamat jalan kung.. 
We love you...

---

36 komentar:

  1. ikut berduka cita ya...

    pas kita married dulu juga tuh, 2 minggu sebelumnya oma gua meninggal... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi ko..

      iya ko, kenapa kedukaan vs kesukaan bisa beriringan gitu :(
      belom siapp.. dan ga akan pernah siap.. :(

      Hapus
  2. Mei.. terharu de bacanya.. Kita emang ga pernah tau ya kapan saat kita liat terakhir.. Sebisa mungkin kita selalu spend the quality time with our beloved ones ya.. Kung kung elo tenang bgt mei meninggalnya. Dia pasti udah tenang di sana.. Didoain aja ya mei.. Yang tabah buat elo dan keluarga.. God bless..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya fan... setaun belakangan ini gua sering pergi sama kung2 gua. nyesel juga waktu hari rabunya ga ikut ke rmh popo gua sama eric :(
      iyaa.. makasih ya fan... :')

      Hapus
  3. Melon, gw beneran berkaca2 baca post lu...My deepest condolences ya mel...
    Bersyukur ya mel, kung2 masih bisa liat lu pas lu merit...sekarang kung2 lu uda tenang disana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gua nulisnya sambil netes2 nih rib :((
      iya rib.. Bersyukur banget masih ada kung2 gua pas gua merid..
      huhuhuhu

      Hapus
  4. Turut berduka cita mei :'(

    Percaya semuanya sudah diatur sama Tuhan, kung2 elo pasti bahagia disana. terus semangat yah mei..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya poi. smua ada waktunya ya.. Tuhan uda atur semua. Menurut Dia, dan sesuai waktuNya.. :(

      makasi epoooii

      Hapus
  5. Postingan loe bikin gw sedih melo, gw bayangi klo ngalami kek gt gmn perasaan gw tp yakinlah melo semua udh diatur ma yg diatas, kung2 loe udh happy bisa liat loe married dan tenang ada eric yg jagain loe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mir.. masih sedih banget gua.. T__T

      Iya, kung2 pasti udah happy.. udah bisa tenang disana... :(

      Hapus
  6. Deepest condolences Mel. Beruntunglah elu msh ada kungkung yang bisa hadir di nikahan elu. Gue ditinggal nenek gue 10 bulan sblm gue merit. Pdhl dia yg paling excited nunggu gue nikah. Hidup orang memang tiada yg tau. Tp kita percaya Tuhan ksh yang terbaik buat kita semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ci.. masih bersyukur si kungkung masih ada pas aku merid kemarin. ade ku juga bilang gitu pas lagi jalan ke pemakaman :(
      iya ci.. mereka pasti excited pas tau cucunya mau nikah ya..
      iya ci.. aku percaya emang Tuhan udah atur semua yang terbaik..

      makasih ya ci Leony :')

      Hapus
  7. turut berduka cita ya mei..gw beneran berkaca2 pas baca postingan u yg ini.
    mudah2an semua anggota keluarga u bisa tabah mei.
    tetep semangat ya mei, setidaknya u masih bs ketemu sm kung2 sehari sebelomnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sin.. makasi yaa
      bener,,masih bersyukur masi ketemu malemnya..biar pun sebentar :')

      Hapus
  8. melo,,turut berduka cita yah,,semoga kungkung dibeirkan tempat terindah disisi Tuhan,,jalan ke surga semakin di lancarkan,,,melo dan keluarga diberikan ketabahan yah....

    BalasHapus
  9. melo, turut berduka yah :( semoga keluarga yg ditinggal diberi kekuatan dan semoga kung2 berbahagia di surga :)

    BalasHapus
  10. Deepest condolences buat Mei dan keluarga. Yang tabah ya mei.. kung2 ud tenang di sisi Tuhan. :)
    Kemarin tanggal nikahan gw itu mei, tepat 1 tahun Opa gw meninggal. Dia gak sempet ketemu Anan. Bersyukur kung2 ketemu Eric dan ikut hadir dalam pernikahanmu Mei.. Gw ampe nangis bacanya nihh.. karena keinget Opa gw lagi.. :( Jangan lupa selalu bawa kung2 dalam doa Mei. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi keinget ya lin? maaf yaa jd mengingatkan..
      iya, tetep bersyukur masih bisa lewatin hari bahagia sama kung2 ya lin :')
      maaci mamiihh hihihi

      Hapus
  11. Mela, turut berduka ya... daku juga sempet kaget waktu dapet kabarnya dari Nyokap. Tuhan kuatkan dan hiburkan keluarga yang ditinggalkan...

    BalasHapus
  12. Mei turut berduka yah :(( Kung kung lu pergi dalam keadaan damai dan ga menyusahkan org disekitar makanya bisa senyum gitu.. Semangat yah.. Gw terharu bacanya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pyyy... huaaa..
      makasi yaa! *hug

      Hapus
  13. Turut berduka ci.. gw baca di kampus dan pake netesin aer mata lagihh.. hadehh..

    Kung" pasti juga udah seneng, ga pake sakit-sakit :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini gw apus aer matanya cel.. hehehe..
      Makasi ya cell ! ^o^

      Hapus
  14. Turut berduka cita yah Mei
    Kung2 lo udah hepi diatas sana pastinya. Kung2 lo sayang banget yah Mei sama lo,dia udah ada firasat mungkin tapi keiinginan dia buat nyaksiin lo merit lebih gede dan didenger Tuhan makanya Kung2 lo bisa nyaksiin lo.merit

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Ren... iya, kayanya dy juga uda ada yg dirasa.. pas udahan acara, dya baru bisa lepasin gt ya :(

      Hapus
  15. hiks, ikut sedih bacanya mel..
    turut berduka cita ya. kung2 mu bisa dibilang beruntung karena tidak perlu merasa sakit sebelum meninggal :) Semoga diterima di sisi-Nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ci Mel..
      untung kung2 ga perlu merasa sakit2 gitu..
      makasi ya ciii.. :')

      Hapus
  16. mei turut berduka yaaa.. pasti sekarang kung2nya udah tenang disana.. semoga keluargamu diberikan ketabahan dan kekuatan ya, semangat mei :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Re.. Aminn..
      makasi ya Re... :')

      Hapus
  17. Gw gak tahan meloo baca kata" u bwt kung" u... Hikss.... Srius rasanya nyesek sm berkaca kaca nih...
    Biarlah Kung" u tinggal di hatii u yah mello walau dia udah ga ad didunia skrgg.. >,<..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa..kung2 tetep di hati gua, di hati smua anak2 dan cucu2nya jur :')

      Hapus
  18. lam kenal mei...wah memang tidak bisa diduga yaa '''turut berduka cita yaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai cii... salam kenall
      makasi ya ci ^^

      Hapus