Selasa, 24 Februari 2015

mencintai dan dicintai = memberi dan menerima

Belakangan ini, gua ga tau kenapa gua pengen banget ngerasain masa-masa pacaran lagi.

Dulu, waktu masih belom merid, gua sering ngomong "Jangan tinggalin aku ya.."
Kenapa? Karna dulu gua suka ngerasa ga layak. Hahahha
Kenapa gitu? Yaeyalah, secara laki gua anak bae-bae, masa gua rusak :))

Jujur, waktu awal-awal pacaran, gua masih belom menyerahkan hati gua sepenuhnya hahaha..
Masih nyangkut di mantan, bo! Dan itu susyah bingits yaa ngilanginnya. Puncaknya, pas gua lulus, Eric bilang kalo gua setengah hati jalanin hubungan gua sama dia. hahahhaa.. ya owoo..cupcupcup.. 

Setelah itu, gua mikir keras. Kenapa gua mau jalan sama orang lain ketika hati gua masih sama yang lain? Hahaha.. Tapi setelah gua pikir-pikir, masa lalu ga bakal berubah. Gua mau coba lembaran baru. Ceileeh! 
Dan berlangsunglah itu dalam ....... Beberapa bulan saja! Wakakaka

Pas awal gua kerja di kantor gua sekarang, gua kenal banyak orang baru. Dan gua suka dong sama orang kantor gua. Nyahhaa. Tai banget gak sih gue?? hahhaha..
Alhasil, ketauan lah sama Eric :))
Kalo kata Eric, gua tuh ga bisa boong ato nutupin sesuatu. Nyahaha.. Ampun bang!

Disitu Eric ga benci gua. Ishh... dia malah nanya apa salah dia.. kenapa gua cari yang lain... 
Gua gimana? Gua mikir, kenapa gua bisa nyari yang lain lagi. Gua bilang, gua itu ibarat pasir, kalo digenggam makin kuat, yang ada makin ga kepegang. Iya, Eric itu posesif-abis. Hahahhaa

Gua pengen dia berubah, menerima kenyataan bahwa temen-temen gua emang cowo semua. Dan gua emang agak kurang bisa bergaul dengan cewe. Karena cewe biasanya kalo temenan pake musuh-musuhan, males gue. Ya gitu lah..

Akhirnya dengan usaha yang sangat keras, Eric pelan-pelan ga terlalu posesif. dan gua juga ga lirik-lirik lagi.
Gimana prosesnya? Susah bo. Sering banget kita berantem. Dan gua yang lebih sering nyerah. Eric ga pernah nyerah sama gua. (Err...Aku padamu, bang!)

Jadi intinya, gua pernah selingkuh. Jahat ya gue.

Namanya cewe, selalu cari pembelaan. Dulu nyokab gua bilang, gapapa kenal yang banyak, nanti tinggal pilih yang paling bae. Cowo itu memberi, cewe memilih.. Wahahhaa... Tai abis lah gua dulu.. 
Okeh itu uda lewat. Sekarang gua uda tobat kok hahhaa

Dulu, gua bisa addict banget sama Eric. Cara dia megang tangan gua, ngerangkul gua, meluk gua, cium gua.. bener-bener bisa nyampein perasaan dia ke gua. Gua bisa ngeliat dia nangis waktu gua nyakitin hati dia. Gua bisa liat dia kaya orang gila, dikirim ke Surabaya ada kerjaan mendadak, tiba-tiba 1 hari kemudian dia uda di Jakarta lagi. Ga tidur buat ngerjain semuanya, supaya bisa pulang ketemu gua. Waktu ke Medan juga gitu.

Gua cuma bisa bilang, Wow..

Hahahahaha, gua nya ga ngapa-ngapain.. Jahat banget ya gua..

Waktu awal pacaran, gua bilang sama dia, gua uda terlalu banyak memberi dan menunjukkan perasaan gua sama mantan gua dulu. Dan itu sakit banget pas tau kalo gua hanya berjuang sendiri, capek sendiri.
Sekarang gua pengen dicintai. 

Gua tanya ke Eric, "kamu lebih memilih mencintai atau dicintai?". Dia jawab "Mencintai"
Gua bilang, dulu gua lebih memilih "mencintai", tapi yang gua dapet cuma sakit hati. Sekarang gua pengen dicintai baru bisa mencintai. Egois? Iya, gua egois. Untuk nutupin perasaan kecewa gua dulu.

Dan akhirnya, gua emang lebih suka mencintai dari dicintai. Pas kita mencintai, kita bisa menunjukkan betapa keseriusan kita untuk seseorang. Pas kita mencintai, kita belajar untuk tidak menyakiti hati seseorang. Pas kita mencintai, kita selalu punya tujuan, menyenangkan hari orang yang kita cintai.

Setiap gua denger cerita beberapa orang soal perselingkuhan, mereka selalu menyalahkan pihak penyelingkuh dan orang ketiga. Gua gak menyalahkan orang yang selingkuh ya, bukan berarti gua mendukung perselingkuhan. Tidak, apalagi ketika kita uda mengucap janji di depan Tuhan.

Tidak ada perceraian, dalam Alkitab. Tapi.............................................. banyak aje yang bercerai.

Alesannya, "udah gak cocok". Ya olloooo, gua kalo denger alesan orang putus sama cere kaya gitu jadi esmosi sendiri. Mana ada orang yang bisa cocok semua ya kan. Semua masalah toleransi di suatu hubungan.
Ketika lo pernah ngerasa diselingkuhin ato berselingkuh, itu tandanya lo belom bisa toleransi di hubungan lu. Menurut gua ya, kalo yang kurang setuju, maapkeun saya.

Pas abis merid, kita pernah lalai. Kita jadi lupa rasanya mempertahankan hubungan yang udah susah-susah dibina sampe merid. Kita jadi ngerasa masa bodoh, toh ga bakal ada yang ninggalin salah satunya.
Kadang, kalo ego lagi tinggi, gua bisa ngoceh panjang kali lebar. Dia diem aja. Bukan berarti dia ga pernah marah loh yaa.. Dia kalo lagi marah juga nyeremin. Yang paling gua benci adalah karena keliatan gua yang dominan, Eric dibilang "nunduk" sama gua. Pengen gua unyeng-unyeng yang ngomong.Gua belajar dari Eric, kalo kemarahan ga perlu ditunjukkin ke orang-orang. Kalo marah, masuk kamar, ngomong berdua apa yang ga disuka, abis itu lepas. Yang penting adalah komunikasi. Kalo kita bisa berkomunikasi dengan baik, maka akan ada toleransi. Ketika kita memberi yang baik, kita akan menerima dengan baik. Begitu juga ketika kita mencintai dengan baik, kita juga akan dicintai. (syukur-syukur dicintai sama yang kita cintai, hehhee)

Ahh udah ngalor ngidul gua ngetik tanpa arah yang jelas :))

Intinya, pas merid sekarang, gua pengen banget rasa "addict" ke pasangan yang dulu gua rasain itu ga ilang. gua ga mau diselingkuhin dan selingkuh. Gua ga mau menyakiti pasangan gua, sehingga dia bisa menjadikan itu alasan buat selingkuh. Gua juga ga mau dia mencari pasangan lain karena gua ga bisa menjadi pasangan yang sepadan dengan dia.

Hendaklah sebagai suami dan istri, saling memenuhi kewajiban satu kepada yang lain dalam hal saling mengasihi, 
saling menghibur dan saling mendukung (Efesus 5: 22,25)

 

21 komentar:

  1. emang yang namanya cinta itu harus dipupuk dan dipelihara ya....

    BalasHapus
  2. waa eric kurleb sama kayak misua gue meloo, protected bgt dah en gue jd sebel cuma lama kelamaan sadar kalo niat en mksdnya baik (tetep ada beberapa protected dia yang ga bisa gue terima en qta bahas) trs sukaan kangen kalo ga diprotected-in *isshh mau gue apa ya, hahahaha*

    setuju!! komunikasi itu penting bgt en kudu ada toleransi dari msg2 pribadi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw.. protected suka ngangenin ya Dew? kalo dy jd cuek nanti kita yang kalang kabut..hahahhaa

      Hapus
  3. Hahhaha gw dulu pas pacaran ma budi berapa kali juga hampir nyerah, kr gw ndk tahan ma org yg keras tp entah kenapa malah ma budi gw pacaran paling awet malah smp married pdhl budi itu cow cuek bebek entah knp gw merasa dia sayang banget ma gw dg caranya sendiri...

    Gw setuju dengan komunikasi penting dan toleransi tinggi ke pasangan, kr komunikasi itu membuka pintu yang terkunci, memecahkan masalah yg rumit...lu ma eric udh pernah di titik terendah hubungan lu berdua *lu selingkuh* tp kalian bisa mengatasi dg kedewasaan kalian jadi di pertahankan aja pasti langgeng hahhahha

    gw sama kek lu ndk bs temenan ma cew, kr cew terlalu mikirin perasaan jadi capek...untung budi ngerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahasa lu Mir..titik terendah :))
      hahhahaha

      biasanya orang yang kita pikir susah buat beradaptasi malah jadi cocok ya Mir wahahhaa

      Hapus
  4. Setuju mei, yang bagian ga setuju sama cerai krn ga cocok. Ga bakal ada yang cocok 100% sih ya, ada nya juga sama2 saling mengerti dan toleransi..hehe.. Baik2 ya sama eric sama kakek nenek hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. langgeng smpe kakek neneekk hihihihihi

      Hapus
  5. betul meii.. kadang abis merit kita *gua aja kali* ngerasa malah lebih santai dan bodo amet sama suami yaa.. karena kesannya toh dia gak bakal selingkuh dan gua juga gak. tapi emang kalo namanya hubungan apalagi suami istri emang perlu banget dipelihara dan inget2 lagi masa2 dimana saat pacaran saat2 masih mesra. malah kadang kudu ngelakuin aktivitas yang berbeda biar gak boring..

    langgeng2 yaaa meii.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakkaa.. betul,.. kayanya abis merid juga butuh refreshing buat hubungan itu sendiri yaa huahuhaua

      Hapus
  6. inspiratif bgt mei postingan nya..gw setuju sama semua pemikiran u.
    jadi salah 1 bahan pembelajaran buat gw jg jadinya. gw jd mikir, kalo gw jg cuek bebek sm cowo gw. apalagi kl nanti udah married. >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo sindii..kamu pasti bisa.. pelan-pelan tapi pasti :)
      *muahhh

      Hapus
  7. nice mba ceritanya :) menambah ilmu nih..

    BalasHapus
  8. ya ampun melo postingan segini keren gw baru baca sekarang... *telat banget yah gw*

    gw dulu diajarin ama bokap sama kayak nyokap lo... jadi cewe tu harus milih2 dulu, baru milih satu... dan nyatanya, mantan gw banyak booo... hahahaha... proses memilih lah itu namanya.. pernah ngeduain juga, tapi bukan yang pas ama kui... ya ampun kelakuan gw waktu itu... tapi ntah kenapa pas ketemu kui ini gw langsung tau kalo dia ini buat gw...

    ya awalnya gw ngebantah juga... masak iya baru kenal uda anggep gitu... plus nya dia, dia anak terakhir sedangkan gw anak pertama... klop kan... hahahaha.. cuman dia orangnya cuek maksimal... ya sudah lah diterima aja, milih2 mulu mau sampe kapan... diriku pernah ada di waktu yang uda males pacaran... pinginnya udahan aja... maapkan gw ya mantan gw... :p

    eh kata si epoy bener juga tu, abis married, gw juga lupa kalo hubungan ini masi ada... gw awal2nya rajin dunk lalu ada waktu2 dimana gw males ngapa2in... dan selama itu si kui yang begini begitu... sampe sekarang pun rasa males itu masi ada... hahahaha... tapi *namanya cewe kan, butuh membela diri* dia juga kerjaanya megang hape mulu... nah lho...

    gilaaa tulisan lo ini kayak nampar gw... hahahaha... gw jadi inget kalo gw harus jadi yang lebih baik lagi buat kui... apalagi kalo dah jadi mama2... omg...

    #semoga_kui_ga_baca_tulisan_ini
    #butuh_3x_baca_buat_ngerti_tulisan_lo
    #inspiratif_pol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh ini yg lu bilang komen lu panjang bgt ya rollz...hahahhaha..butuh 3x ya bacanya :))
      gw emang blm bs nyusun kata2 yg teratur ni jadinya susah dingertiin ya >.<

      Yg penting kita ga lupa ya kalo proses sblm merid itu ud susah. Pertahanin nya lebih susah yak hahaha

      Hapus
  9. Setuju Mei.. Gw sendiri dari awal nikah selalu berusaha buat melakukan hal-hal baru supaya hubungan ga monoton. Bukan cuma pas pacaran aja mesranya, tapi ya kalau bisa sampe kakek nenek nanti. cuma yaa memang ngomongnya lebih gampang drpd prakteknya ya :D Mudah2an kita selalu setia sama pasangan begitu juga pasangan kita sama kita yaa.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya marr.. kadang gw kelewat nyantai.. jd kaya ga menjaga suami ya hahhahaa..
      Amiinn.. smoga kita sama2 menjaga diri supaya setia terus.. ^^

      Hapus
  10. Mellooohh... waloo ada poo poo nyaa post ini bijak!! Ciee mello~~

    Gw juga kangen masa" pacaran dulu..srg pergii b2, nongkong di mall tanpa tujuan asal b2 aja ud happy bgt.. hwhw.. ak rinduu masa" pacarann itu... >,<

    Lalu laki eke juga posesiff boo, sm kek u gw yg suka menyerahh tp dianya slalu menasehatii.. wkwkwk.. emang ga smua org cocok 100%, justru saling melengkapii.. misal dirinya lg esmosiii eke ademin,, eke esmosiii dia yg ademin.. :D
    Gw arus belajar dr u nih.. biar klo brantem org lain gak usah tau.. hehe

    BalasHapus
  11. Meii, gw berasa ngaca baca tulisan ini..haha :p Beda nya dulu gw ga selingkuh dong, tpi kalo pas mo balikan ma mantan si ai gw putusin dulu..Muahaha.. Sama aja yak sakitnya :D

    Tapi skrg jadi lebih bersyukur krn sudah berhasil lewatin semuanya. Skrg tinggal gimana cara kita menjaga cinta itu terus tumbuh dgn komitmen yg dah sama2 dibuat. Semangat.. Tenang aja, tar klo lu mulai macem2 tar gw keplak..hahaha ;p

    BalasHapus
  12. hihi, seneng ya masa dulu pacaran dikejar cowo2 (kalo pas banyak pilihannya).
    gw juga dulu selingkuh, dan gw merasa itu gpp soalnya bukan kita maksudnya nakal, tapi kita lagi mencari yg terbaik :p
    nah, tapi skrg ni yg udah nikah, selingkuh si big NO-NO ya. soalnya kan kita sudah janji di depan Tuhan :)
    Nice postingg, Mei ^^

    BalasHapus