Rabu, 31 Agustus 2016

Cerita lahiran

Selamat Sore! Apa kabar semua? semoga semua selalu sehat dan bahagia yaa.. :)

Kalau di post terakhir itu gua masih hamil, sekarang gua uda masuk kantor lagi. Hehehe, telat banget yak?

Sekarang mau cerita soal lahiran yaa..

Sabtu, 14 Mei

Hari ini gua ke husada, karena tante gua lahiran dan memakai obgyn yang sama. Jadilah gua banyak tanya dan sekalian liat kamar. Kali-kali kan lahiran bareng ahahhaa. Waktu itu kandungan udah 37 minggu.

Minggu, 15 Mei

Hari ini gua ke Pasar pagi & ITC Mangdu. Ngapain? Tentu aja nyari hampers yang gak kelar-kelar. Ahahhaa.. setelah galau milih hampers apa, akhirnya handuk-handuk juga -.-
tadinya mau ditambahin frame, tapi belum dapet waktu itu. Karena handuk udah mainstream, jadi kita beli yang ukuran agak besar, supaya kepake. Dan packagingnya pesen sama temen tante yang bikin2 handcraft begitu.

Pulang ke rumah, sekitar jam setengah 7. Pas pipis liat ada flek di celana dalam. Teriak lah ke mama dan suami. Kata mama, wah bentar lagi nih berarti, coba kamu bersihin terus lap pake tissue, masih ada gak darahnya. Setelah bersih-bersih, gua lap, ternyata masih ada darah nya dengan lendir2 gitu. Kata mama, itu tandanya mau melahirkan. Panik deh gua, tapi lebih ke excited sih.

Akhirnya gua beres2 tas, kabarin dokter. kata dokter, disuruh ke RS Husada , ke ruang bersalin biar diobservasi sama bidan dulu. sekitar jm 10an gua jalan kaki ke Husada. Secara rumah deketya kan.
Pertama kali masuk ruang bersalin itu rasanya........bingung :))
Mesti gimana, terus bakal diapain.. gitu-gitu. Akhirnya dipasangin lah alat buat gitu. yang dengerin jantung. Bukan CTG tapi yaa.. terus di cek dalem.Apa rasanya cek dalem pertama kali? Gak sakit. Padahal gua uda takut sakit. wkwkwkwk. Katanya uda bukaan 1.
Terus gua di suruh pulang dulu, tapi kalo tengah malem tiba2 air ketuban rembes, harus cepet balik.

Yauda jam 12an , setelah observasi sejam lebih, kita pulang deh. darahnya masih kuar terus, jadi gua putusin pake softex.

Malem itu gua kabarin bos gua kalo kayanya gua ga bisa masuk kantor, takut2 bukaan bertambah. Dan inilah, jadinya gua cuti sebelum jadwal cuti yang harusnya tanggal 23. Jadi seminggu lebih awal.

Senin, 16 Mei

Galau, udah nambah belom ya bukaannya. Gua tetep jalan-jalan. Ke Mall :))
Abisan kan katanya mesti banyak jalan biar cepet, Tapi ke mall yang deket-deket rumah aja. Terus gua ke bidan deket rumah Popo, ngajak Pypy sama Kum.Kita berdua dicek dalam deh. Waktu itu katanya gua udah bukaan 2, tapi kepala bayi masih tinggi.

Selasa, 17 Mei

Makin galau karena kita gw ga tau tuh kontraksi itu kaya apa. Kata orang-orang kan mules ya. Tapi gua ga ngerasa mules sama sekali. Cuma pinggang sakit kaya pengen dapet gitu. Terus gua bandel dong. ke Lantai 5 lg minta observasi tapi ga bilang-bilang sama dokternya wkwkwk. Kata bidan, masih bukaan 1. Dan katanya yang gua rasain itu cuma kontraksi palsu.
Selama observasi , gua dapet bidannya baik-baik banget. Malah bercanda mulu gitu..


Rabu, 18 Mei

Gua ke dokter dan usg terakhir kali.Abisan kan dokter cuma bilang tunggu2 aja. Sedangkan orang-orang udah nanyain semua. Orang pada nyaranin induksi gitu. takut kelamaan sejak keluar darah pertama kali.
Dari hasil usg, keliatan kalo ketuban gua sedikit. Sedangkan dari usg-usg sebelumnya masih banyak.
Dokter tanya, apa ketuban gua rembes. Gua bilang gua gatau, karena gua pake softex. ga tau kalo ad yang rembes ato nggak. Gua tanya, apa gua masih bisa normal. Katanya, bisa. Dokter suruh gua tunggu. Lalu dia kasih gua surat rujukan untuk CTG hari kamis atau jumat. Ya gua pasti pilih kamis nya lah yaa :D

Kamis, 19 Mei

Hari ini Pypy mau operasi, kita ke Husada mau CTG. hihihi.. Sempet ketemu Py dan Kum di lift pas mau dibawa ke ruang operasi. Setelah CTG, dapet deh hasilnya. Pas dokter dateng, dibilang hasil CTG nya bagus, yang penting jantung bayi gak dibawah 120. Cuma ya, pas kontraksi dateng, kok ya statistik jantungnya agak turun gitu. Gak sampe batas minimal sih, cuma bingung kan. Karena gua mau lahiran normal, gua disarankan CTG lagi hari sabtu nya, buat ngecek kondisi bayi. Berdasarkan hasil usg kemarin, air ketuban gua sedikit, tapi masih bisa jika gua masih tetep mau normal. Akhirnya gua minta supaya diinduksi aja sama dokter. Tapi dokternya gak mau. Katanya, induksi itu sama aja jadiin bayi itu percobaan. Kalau berhasil bagus, kalo gak ya tetep harus secar juga. Suami pun tanya, berapa persen kemungkinan secar dan normal. Persentasenya 50:50. Cukup besar sih..
Suami langsung tanya, kalau secar, hari apa dan jika weekend ada kena charge lagi gak. Dokter bilang, kalo mau besok bisa, sabtu juga gak dikenakan charge. Cuma gua masih ga rela kalo gua secar.

Sesampai di rumah, gua berunding dengan keluarga. Kata nyokab, secar ya secar, daripada kenapa-kenapa.
Terus malamnya gua ke rumah Popo, terus ngobrol sama bidan yang biasa gua kesana. Bidannya liat hasil CTG gua itu, lalu dia bilang,"Mel, mending kamu secar aja de..kamu kan ada lilitan.. takutnya nanti air ketuban tambah sedikit, bayi juga ga makin turun karena kelilit.."

Gua masih diam. Gua masih ga bisa nerima kalo harus operasi. Gua takut jarum. Gua takut mati *serius ini*

Si bu bidan itu ngobrol berdua sama gua, tanya alesan gua gitu-gitu. Akhirnya curhat lah panjang lebar. Dia meyakinkan gua, kalo lahiran secar itu tetap baik. Kita sama-sama jadi orangtua, hanya prosesnya aja yang beda. Jangan peduli omongan orang dll.

Sekitar jam 9an, suami telpon dokter dan minta gua operasi besok. Dokternya kaget tapi dia oke. Jadwal operasi: Jumat 20 Mei 2016 pukul 10:30. dan gua diminta puasa dari jam 5 pagi.

Sebenernya kalo mau operasi, ya pengennya hari Sabtu aja, biar samaan sama gua. Cuma kata suami dan mama, mending Jumat aja. Lebih bagus. Yah, ngikutin aja laah yak..

Malam sebelum tidur, gua curhat tentang ketakutan2 gua sama mama dan suami. Mereka sangat men-support gua. Gua gatau gimana kalo ga ada mama dan suami yang selalu nemenin gua.

Baby Bump terakhir :)

Jumat, 20 Mei

Besokannya kita dateng ke RS jam setengah 9. Hahaha, telat setengah jam dari yang disuruh dokter wkwk.
Pas dokter dateng, kita ngobrol-ngobrol sebentar. Terus dimulailah persiapan operasi sebelum dibawa ke ruang operasi.

setelah dipasang infus dan cek alergi antibiotik, foto berdua dulu :)
Nah, sama kaya Pypy. Untung sus nya jago. Jadi ga sakit tuh pas dipasang infus. Padahal gua takut banget jarum. Yang resenya, kata suami, tes antibiotik ga sakit, katanya paling kaya digigit semut. Kebayang nya gua ya kaya ambil darah waktu tes golongan darah dulu. Eh, sakit ternyata. Suami kampretoo, dia malah ngetawain gua -__-

Jam 10:40 gua dibawa ke ruang operasi. Takut banget! Semua ketakutan gua muncul. Deg-degan banget.
Apalah itu suntik di sumsum belakang? denger orang-orang cerita kalo sakit banget. Haduuu..

Dan lagi, untung dokter anestasinya becanda mulu. Ga berasa sakit pas disuntik. Pelan-pelan, kaki gua mulai baal. dan akhirnya setengah badan gua baal.

Ketika dokter anestasi bilang siap, tim berkumpul di sekeliling gua. Obgyn gua pun bilang, "Ya, kita mulai ya"

Kata orang-orang, prosesnya bisa kita liat di lampu yang diatas kita ituh. Tapi gua ga berani liat. Gua cuma diem, sambil terus berdoa dalem hati supaya semua lancar. Suara mereka ngobrol dan bercanda kedengeran. Pas lagi ketuban nya disedot gitu, cuma sebentar banget. Sampe susternya bilang, uda abis. Dalem hati bersyukur banget. kalo gua normal, apakah si bayinya cukup ketuban buat ngedorong dia keluar?
Selama proses operasi, ada 1 suster di belakang gua, dia ngajakin gua ngobrol sambil ngusap-ngusap bahu gua. Kayanya tau kalo gua takut banget.

Jam 11.15, kedengeran suara tangisan si dedeknya. Ya, gua uda resmi jadi Mama. Rasanya? Bahagia!
Gua liat si dede dibersihin dan lain-lain. Terus si dede didekatin di kepala gua sama bidannya, terus gua cium. Si Bidan pun bilang "Bu, anaknya lengkap ya. Ini tangannya, kakinya.." Gua senyum-senyum. Lalu si dede dibawa ke ruang bayi buat diangetin.

Setelah selesai operasi, gua dibawa ke ruang pemulihan. Yang gua rasain, badan gua mengigil gak berhenti. sampe pake selimut dobel. Sayangnya, kok lama banget ya diruangan itu. Padahal gua uda gak sabar pengen ketemu keluarga dan si dede.

si dede pas dibawa keluar dari kamar operasi untuk dikasih liat ke keluarga pertama kali

setelah dibawa ke ruang rawat. selimut begitu tebel masih berasa dingin.

sekitar jam 6 sore, poto berdua pertama kali

Hello, world! :)

Setelah operasi, gua gak bisa ngapa2in. Bisa makan dan minum tapi ga bisa bangun dari tempat tidur. Belom boleh duduk. Jaitan belom berasa sakit. Dalam hati, nanti abis bius ilang, pasti sakit luar biasa nih :))

Sabtu, 21 Mei

Pertama kali ultah di rumah sakit. Ultah kali ini rasanya beda. Uda ada anak. Ga kepingin kado apa-apa.
Terima kasih sayang, kamu hadir sebagai kado terbaik dari Tuhan.


Gak nyangka juga dibeliin kue. Terus temen-temen KTB juga dateng bawa kue lagi. Akhirnya kue nya dibagi-bagi ke suster2 di lantai itu. Suster pada tanya, kenapa lahiran nya gak disamain sama mamanya aja?
Gua cuma bilang, gapapa biar beda aja.

Sampe lah ke kunjungan dokter. Si Dokter juga baru tau kalo gua ultah. Hehehe.. suster yang nemenin dokter bilang hal yang sama seperti suster yang lain. Tapi di Dokter bilang, "Jangan sama ah.. Biar si anak punya hari spesial sendiri. Nanti kan orang inget itu ultah dia.. Bukan ultah mamanya. Jadi pas hari itu, si anak bener-bener ngerasa hari itu buat dia". Gua langsung mikir, iya juga ya.. Jadi hari spesial tetap punya masing-masing.

Hari ini, gua baru boleh belajar duduk. Tempat tidurnya udah boleh ditinggiin agak duduk gitu. Tapi gua belom bisa jalan.
Hari ini juga, rasa sakit bekas operasi dimulai. Rasanya? Enaaak.. hahaha.. sempet minta obat dobel, akhirnya dikasi lewat yang anus. Tapi ga boleh minta sering-sering, karena interval waktunya gak boleh terlalu pendek. Terkecuali kalo gua bener-bener sakit sampe gak tahan lagi.

Oh iya.. dari abis lahiran, sorenya udah dicoba nyusuin si dede. Tapi baru kuar sedikit. Anaknya ngamuk-ngamuk. Dan rasanya nyusuin itu SAKIT. Wakakaka.. dulu mikirnya bakal geli ato apa. Ternyata, puting ledes dan berdarah-darah :))

hari ini ada Dewi Ping-ping & Epoi dateng bersama Baby B & Clay juga ada Rollz&Kui. Terima kasih yaa onti-onti cantiks! muaaaahhh..

Hasil cek bilirubin dede tinggi. Jadi dia harus disinar. Disini kegalauan dimulai. Dimana asi gua belum banyak keluar. Gua kekeuh kalo mau ASI Eksklusif. Kan kata orang, bayi bisa tahan sampe 3-4 hari gak nyusu, karena masih ada persediaan makan dia waktu di dalem perut.
Cuma, karena bilirubin tinggi, dan omongan beberapa orang terdekat yang nyuruh gua kasih sufor terus, gua jadi emosi. tapi gua masih gak ada daya krn abis operasi. Cuma bisa nangis pas lagi sendirian.
Sampe akhirnya malemnya gua nandatanganin kalo dikasih sufor 1x-30ml, supaya pas disinarnya bisa efektif.
Disini ga kepikiran minta donor asi siapapun. Gua bener-bener depresi. Ngerasa gagal. Mama dan suami terus ngeyakinin gua, jangan terlalu beridealisme tinggi. kasian dede nya gitu..

Minggu, 22 Mei

Hari ini lepas kateter dan belajar jalan. Lepas kateter juga gak sakit. Cuma belom bisa pipis enak gitu. Masih rada sakit. Belum bisa poop juga. Rasanya belajar jalan juga sakit tapi masih bisa ditahan. Gua minta pulang besoknya pas dokter dateng. Katanya asal ga ada masalah boleh-boleh aja.. hehehe..

Hari ini ada beberapa temen blog yang dateng, kaya Mira&Marlin. Ngunjungin Pypy juga. Gua juga ngunjungin Pypy. Bolak balik sambil gendong si dede..hahhaa.. sorenya juga ada Novalinah yang dateng :)
Terima kasih ya teman-teman.. *cipok satu-satu*

Gua masih berjuang dengan asi. tetep nenenin biar sakit dan masih sedikit yang keluar. sebisa mungkin gua ga mau ngasi sufor lagi. Alhasil, karena mau si dede ikut pulang bareng besok nya, gua bolak balik nenenin si dede di ruang sinar.

Senin, 23 Mei

Hari ini dokter ngasih pulang! Horeee :D
Cuma si dede nya belum tau. Hasilnya baru bisa siang nya gitu.

Pas hasil udah keluar, datenglah dokter anak ke kamar. Dia ngasih tau kalo si dede juga boleh ikut pulang, biarpun bilirubinnya masih tinggi. Dengan catatan, si dede harus dijemur tiap hari.
Tapi... ada satu hasil skrinning yang bikin down. Yang akhirnya bikin gua depresi sampe beberapa waktu ke depan. Ini nanti akan dibahas sendiri ya..


---

Yak begitulah kira-kira singkat cerita lahiran si dede..

Please, welcome our baby girl, my best gift ever from God:

Emily Mattea Rahardja
Friday, May 20th 2016
Weight: 2,7 kg ; Height: 46cm

Blessed Parents,
Eric&Mela




11 komentar:

  1. Congrats yaaaa...

    Welcome baby Emily...

    BalasHapus
  2. Congratz yaa meloo :) Hallo baby emily, lucu deh :3

    BalasHapus
  3. Hai salam kenal! aku baru nemu blogmu, baca2 deh dari awal wedding preparationnya, eh tauannya udah lahiran. biarpun udah ga update tapi selamat yaaa, Emily cantikkk :) ditunggu cerita2 lanjutannya.

    BalasHapus
  4. congratz lagi ya :) gua juga dulu ngerasa bersalah banget waktu tandatangan buat jayden dikasih sufor di RS, dulu pikirnya karena dia lahir dengan berat di bawah normal... tapi setelah pulang dr RS, gua langsung bertekad untuk full ASI, dan bisa tuh...ampe sekarang hehehehe... semangat ya buat ASInya...

    BalasHapus
  5. Selamat ya Mel n Eric buat kelahiran Emily. Gue tau kalo udah urusan sama anak, pasti kadar stress kita nambah, tapi semoga lu jangan sampe stress terus, karena itu ngaruh sama jumlah ASI lu. Semangat ya!

    BalasHapus
  6. Congrat lagi melo. hahaha.. :D hello Emily yang makin cantik.. :)

    BalasHapus
  7. Congrats ya Melo, sehat terus Emily ;-) btw berat sama panjang Emily pas lahir sama ya dengan Celine hehehehehe.

    BalasHapus
  8. Eh aku baru mampir kemari...hehehe.
    Btw lu di husada juga pake si radius juga?
    Klo iya berarti kita ama pypy trio radius donk. Hahahaha.

    Rumahnya dimana sihhh kok deket ama husada.. berarti ga jauh jg donk ama gua. Gua pernah ketemuan ama pypy loh di dunkin mabes. Hahahaha.
    Apa jangan2 sekolah kita sama? Hmmmm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai ci..

      Iya aku pake radius.. ahahaha..
      jadi trio dong ya kita! :))

      rumah ku di belakang dunkin mabes itu. ci aina dimana? wkwkwk
      sekolah aku yang di sebelah husada. Sama juga ga? wkwkwk

      Hapus
    2. Jjiiaaaah haaai anak BM !! Dapet salam dari Bu Meidy. 😂😂😂

      Lah klo dibelakang dunkin deket bgt ama pypy donk ya.

      Hapus