Kamis, 09 Januari 2014

Campur-campur pokoknya!

Bingung nih mau cerita apa.
Sebenernya pengen cerita soal Year End Sale kemarinan ini. hahahaha..
Tapi gegara abis liat post nya Epi yang ini jadi kepengen bahas ttg perhitungan porsi catering yg membingungkan juga. Dan cukup sangat menguras kantong pastinya.

Year End Sale


Di post sebelumnya gue sempet cerita kalo pas hari ibu, gue beliin nyokab tas. Itu gue beli pas ada midnight sale di CP itu tuh.. Gue lupa kapan tanggalnya, yang jelas itu CP seakan berubah jadi ITC Mangga Dua seketika! Dan yang ngebingungin lagi, kenapa ya banyak orang yang tega ngajak orangtua mereka yang sebenernya kesian kalo diajak jalan kelamaan sama anak yang masih pada piyik buat ke mall sampe tengah malam. Ckck. Kesian banget orangtuanya pada duduk sambil mukanya kecapean gitu dan mereka pada 'haus' ngelihat sale di toko-toko.

Oia back to midnight sale itu. Gue bukan penggemar brand CnK. punya sepatunya cuma 2 dan itu jarang dipake (selain kondangan) karna sakit dipakenya. Cuma berhubung ada tulisan sale akhirnya gue masuk dong.. Awalnya emang pengen beli tas, cuma nyari-nyari di toko lain belum ada yg sreg.
Gue beli tas yang bahan canvas buat nyokab. cuma gue lupa moto :D
Eh tapi akhirnya gue beli wedges juga, dengan pertimbangan.. siapa tau wedgesnya ga sakit ya. dan kan emang belon punya sepatu nih buat prewed. wkwkwkw. Toh kalo ga Sale, gue jg blm tentu beli. idr600rb untuk sepatu yg sakit dipakenya? siapa yg mau wkwkwkkw
entah kenapa gue beli spatu yg warna begini mulu -__-
Selain itu, gue juga beli baju buat dd gue yg kecil, si Iyel, di Zara. Emang ya harga berbanding lurus sama bagus/nggaknya dipake (-__-). Sebelumnya nyokab beli 1 baju, trus dipake pas Natal anak. Karena dipakenya bagus, emak gue minta dibeliin lagi, yauda deh kita beli lagi. *ini juga lupa dipoto* wkwk

Trus, gue juga sempet post kalo gue jalan2 ke GI untuk ketemu sm temen KTB gue (yang kunci motor Eric ilang itu loohhh). di GI itu abis makan di Sushi Tei, muter2 liat Sale, tapi gue cuma masuk ke VnC. Karena disitu ada sepatu ukuran kaki gue yang kecil dan imut ini hahaha.. Cuma kenapa pas ada model yg gue suka, nomor tsb abis semua (T__T) hikssss.. akhirnya beli sendal dan itu ga diskon hahaha. Rencananya sih itu mau gue pake untuk jalan2, supaya agak 'cewek' sedikit kalo pegi sm si pacar :D
Cuma, sayang ga sih? apa gue taro buat isi nampan pas nanti sangjit aja ya? hahahaha

sendal kecilku.. ukuran 4 sajaa :D
Nah pas pergi ke TA (post sebelumnya jg), itu kan tujuannya mau liat UNIQLO kan ya? hahhaa.. Akhirnya gue beli 2 celana buat gue sama si pacar. warnanya juga yg mirip2. Ini sih tujuannya buat poto prewed juga.
Cuma gue belom punya baju buat Imlek nih, apa gue pake dulu aja ya? hahaha.. sebenernya gue ini irit apa pelit sih wkwkwk :)))


Catering

Kali ini mau cerita soal catering juga deh kaya Epi :)))

Jadi, gue kan akhirnya deal sama Chez Ingrid nih.. dan untuk itungan buffet di venue gue kena Idr85rb/porsi.
Trus harga pondokannya juga lebih mahal dibanding catering yang gue sempet incer sebelumnya. Si Marketingnya meyakinkan kalau rasanya gak berubah pas hari H.

Untuk Venue gw kena 86,680 jt, jumlah makanan yg gue dapat adalah: 
- buffet 500pax
- food stall : 1 galon es puter , 1 ekor kambing guling, 100porsi siomay bandung, 100 porsi food stall (pilih dengan catering)
Bonus: penambahan jumlah porsi siomay bandung menjadi 200 porsi dan 2 ekor kambing guling.
( ppn 10% untuk penambahan makanan )

Mahal ya? Mau cari venue deket rumah semua mahal-mahal dan disini paling mendingan (T_T)

Rencana gue 500 undangan. harusnya perhitungan kasar adalah 1000org. Cuma ga mungkin yg punya anak cuma dateng berdua kan? Marketing catering gue bilang, perhitungannya 60% buffet, 40% foodstall.
Cuma kayanya gue ga kuat deh, karna foodstall mahal2 bo. Gimana kalo 65:35? wkwkwk 
tapi ternyata penambahan buffet juga mahal ya.. belom ditambah ppn 10% nya. Hadeh..pusing-pusing..

Gue pengen kasi itungan gue, cuma etis ga ya? tp gpp kali ya.. 
ini cuma ancer-ancer aja kok, belum fix.

Buffet: 500, nambah 100 jadi 600.

foodstall:
- 1 galon es puter
- 2 ekor kambing guling (+/- 80-100 porsi)
- 200 porsi siomay bandung
- 100 porsi sate ayam+lontong (foodstall gratis dari catering)
- 300 porsi sop asparagus (setengah dari menu buffet yang dipisah. Jd kalo buffet 500,hanya 250 porsi saja)

penambahan foodstall: 
- pempek    : @200 x 25000 : 5jt
- nasi rames : @200 x 30000 : 6jt
- soto ayam : @200 x 25000 : 5jt
total biaya penambahan foodstall: 16jt, ppn 10% jadi 17.6jt
biaya upgrade menu : 2,5 jt (karna upgrade menu, jadi gue dapet sop asparagus di foodstall gue)
penambahan buffet (100): 8,5jt , ppn10% : 9,3jt

Total berapa tu.. 29,4jt ya.. hahhaahaha dan gue baru bayar 5jt wkwkkwkw.. kurangnya banyak banget ya kawanssss.. 

Jadi kira2 dengan ancer2 begitu gue cukup ga ya? itu kan total buffet 600porsi dan 1280 porsi foodstall (1280/4=320 orang). Kurang ya? kurang banget kan? Gpp lah ya nekat aja.. 
dengan hitungan yg dateng 80%-90% (800-900), itu uda cukup kan ya? 

Semoga nanti ada rejeki nomplok jadi gue bisa nambah banyakan ya cateringnya wkwkkw. 

Amin ya Tuhaaaan...


" .. dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau" 
Ibrani13:5


18 komentar:

  1. Duh mellll.. ngeliat angka kamu aku lebih geleng2. wkwkwkwkw.. mahall2 yah harga sebuah makanan tersebuttttt.. *nyari emas dimana lagi nehhh? hahahaha.. Kamu punya food stall banyak juga yah.. kalo dari deskripsian kamu sih menurutku pas *emang paling gampang komentarin makanan orang yah dibandingin mikirin makanan sendiri* Hohohohoho..

    Paket makanan tengah aku 55.000/per pax (Gloria Catering) masih murah krn harga taun lalu. tp memang chez ingrid emang udah ada nama sih. jadinya gak heran.. :) yang terpenting di hari H bisa cukup dan makanannya enak yaa.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih epoii.. mau cari logaman kemana lagi nih.. susah bener nyarinya, tp ngeluarinnya uda kaya air (T.T)

      gw cuma nambah 3 aja sih.. itu aj uda empot2an kayanya hahaha..
      Iya ya smoga ada pas ya.. dgn perhitungan org antri pondokan 5mnt/pondokan, paling orang muter 4 pondokan ud mau stgh jm lebih ya. mstinya mereka ga akan makan banyak2 wkwkwkwk

      Wah, masih murah banget poii.. Untung banget ya kalo masih dapet harga lama gitu >.<

      Hapus
  2. Eniho.. I love the bible versenya.. *jadi sedikit beriman nih* hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya vit. dengan berpedoman sama ayat tersebut jadi lebih beriman sedikit ya kalo smua akan dicukupkan di saat yg tepat! *tsaahh* hahaha

      Hapus
  3. Berdoa aja Mei semoga cukup yaa makanannya...
    wikk mahal yaa chez inggrid, dirimu ada list paketannya ndk mei? klo ada ak maooo donk, karna nyokap ngebet banget pake nie dan ndk percaya klo harganya mehong hahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mira aku paketannya.. minta email km aja nanti aku kirimin.. :)

      Tp biarpun harga sgitu.. makanannya worth it loh Mir :)

      Hapus
  4. mei, chez inggrid kan lg naek daon en mahal, semacarm christ iwan jugah...
    tapi nama berbanding lurus dengan harga sih...klo rasa yah emg enak sih...
    hehehehe

    hemmm, menurut gueh pondokan mw dtambahin berapapun g bakal cukup deh mei,namanya org kondangan yg dicari pondokan, en pasti mw di icip smuanya...luh nambah satu or 2 menu pondokan jg cukup lhooo...klo takut g cukup mending nambah buffet.

    ituh menurut gueh lho yah...soalnya emg plg mehong inih ya di catering lah ya klo nikah mah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya Vir.. di venue gue ga ada PS.. jadi yg masuk emang catering yg lumayan smua per porsinya.. Chris Iwan jg ada.. tp dy lebih mahal dr Chez Ingrid.. uda jiper liat PL nya hahhaa

      apa baiknya buffet gw tmbah 50-100 lg ya Vir?
      abis katanya klo kmbg guling sm somay itu mah cuma geli-geli makannya hahahaha

      Hapus
    2. nah itu dy mei, klo mw kambing gulingnya diganti ato somaynya diganti ya makanan berat...

      nah buffetnya aja nambah 100 lagi

      Hapus
    3. ga bisa diilangin vir. karna itu bonus dari catering.. >.<

      Hapus
  5. aku juga tuh, paling pusing mikirin catering, uda nominalnya paling gede dan selalu ada ketakutan kalo bakal kurang hahahaha... tapi pas hari H makanannya sisa banyak banget... intinya, order sesuai jumlah undangan... jangan jumlah undangannya berapa, ordernya berapa... catering yg uda punya nama macam chez inggrid kan pasti uda ngitung... apalagi dr 500 undangan yg disebar, ada sekitar 10-20% yg ga dateng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jd baiknya gimana ya Mel? hahahhaa.. pusing asli ngitung biaya buat catering T.T

      Hapus
    2. kalian harus punya itungan nyebar undangannya berapa... misalnya nyebar 500, bilang aja ke org catering kalo kalian nyebar 500... biasanya suka ada yg curang, nyebar 500 tapi ngomongnya nyebar 400... dan harusnya, catering gede macam chez inggrid ga akan maksa2 buat nambah2 lagi dengan catatan pondokannya ada makanan berat kayak nasi dan lontong... dijamin pasti cukup deh...

      Hapus
    3. Iya Mel.. uda bilang sih kalo kita akan sebar 500 undangan.. d luar keluarga kandung mama papa .. kaya kuku dll gitu..

      buffet keluarga cuma dikasi 35 aja.. dikit banget ya.. T.T

      berarti kalo dari itunganku disitu, cukup ga Mel ya? ato mefet banget ya?

      Hapus
  6. Bener mei, chez inggrid lagi hits ya sekarang tapi mehongnya itu loh hahah.. Menurut aku sih itu udah cukup makanannya, kalo dipikirin melulu emang berasa gak cukup dan takut kurang hahaha..

    pondokan kamu kan udah banyak kayanya sih cukup lah, paling kalau mau nambah mending nambah buffet gitu..

    btw wedgesnya lucu hahaha *salahfokus*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Re.. mahal.. abis pas kita nyobain pertama kali itu pas kondangan. si nyokab maunya itu.. nyokab si pacar juga pernah ngambil kartu nama dia pas kondangan kasih ke kita hahhaa..

      iya.. sbnrnya pgn nambah buffet re.. 50 aj tapi wkwkwk.. cuma liat nanti lah.. itu aj uda 4.5jt.. hahaha

      hihiihi.. makasi loh ^^

      Hapus
  7. Mei, bener kata Vira. Pondokan mau sebanyak apapun pasti abis krn itu yg dicari orang. Dan yess.. Catering yg punya nama emang mahal dan emang enak juga sih. Tapi percaya aja, kalo kata orang kan mau nikah itu ada ada rejeki nya. Aminin aja, Tuhan ga akan biarin kita kok :D Hanya dgn mengucap syukur Tuhan bisa ngasih makan 5000 org laki2 belum termasuk perempuan dan anak2.. ehh sisanya 12 bakul :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Py... kayanya mau disusun lagi nih pondokannya :)
      sambil nti minta org catering bantu susun smoga ga kurang :)
      Semoga aja Py, ada rejeki Terus.
      yang percaya katakan Amen!? hahaha
      makasih Py! :)

      Hapus