Selasa, 21 Januari 2014

gimana sih cara kerja WO itu?

Ehm...
Haiii teman-teman.. Gue bener-bener lagi galau abis nih soal WO. Ada bingung, kesel.. Huaaahh.. Ceritanya panjang sih.. Semoga ga bosen ya bacanya :)

---

Ketika gue dan Eric memutuskan untuk melanjutkan hubungan kita ke tahap selanjutnya, yang dipikirkan selain tempat adalah WO. Kalo kata orang-orang, WO itu penting banget untuk kelancaran dan kesuksesan acara nantinya. Dimana, WO juga bertugas sebagai time keeper dan 'penolong' acara ketika mempelai berada di panggung.

Akhir tahun lalu, gue datang ke beberapa acara nikahan temen gue, bahkan ada sepupu gue juga yang merid. Perbedaan yang mencolok adalah di WO. Di antara mereka ada yang tidak memakai WO, memakai WO (yang merupakan temen dari si mempelai), dan memakai WO yang sudah ada nama (boleh dibilang sudah ada 'harga'). Semua beda yah. Yang tidak pakai WO, kesannya acak-acakan dan tidak terorganisir dengan baik padahal mempelai sudah membentuk panitia khusus (merupakan teman mereka) untuk membantu kesuksesan acara mereka. Untuk sepupu gue, acara berlangsung cukup sukses menurut gue, karena tidak ngaret dan semua hal terorganisir (sampah di area pintu masukpun dipungutin sama WO-nya loh). Untuk teman kantor gue yang memakai WO (yang udah ada 'harga' itu tuh), ga usah ditanya.. acaranya wah sekali! Kita semakin yakin kalau pilihan kita tidak salah, yaitu memakai WO. 

Dengan ketidak tahuan gue dengan dunia per-wedding-an. Gue deal dengan WO yang ownernya adalah bapaknya temen SMA gue kan. Gue juga banyak tanya sama si temen SMA gue ini. Sebelum gue deal, mereka sangat helpful. Apapun yg gue tanya, mereka akan cepat tanggap deh. Sampai akhirnya kita memutuskan untuk DP di salah satu pameran tahun lalu. awalnya mereka minta DP sebesar 50%, gue kurang setuju. Akhirnya DP lah sebesar 30% dari harga mereka (katanya sih uda di-diskon karena gue temennya..). dengan catatan sampai akhir tahun 2013, kita membayar sisa DP yang 20% itu. Mereka meyakinkan kalo WO mereka cuma megang 2pengantin dalam 1 hari. Begitu juga entertain mereka (max 3 pengantin dalam 1 hari). Tapi kita ga langsung DP entertain jg sih (untungnya ya!) Abis itu kita ditemenin muter2 stand untuk catering dan lain-lain. Baik bukan? helpful bukan? hahaha..

Jarak waktu dari awal DP sampai sekarang itu kira-kira 6bulan yah.., tapi kita ga pernah dikontek lagi. Padahal, waktu itu dibilang akan ada leader dari salah satu tim WO mereka untuk kontek kita secepatnya. Tapi nggak loh. Membandingkan dengan WO yang dipakai sama sepupu gue dan temen kantor gue itu, kok kesannya WO ini gimanaa gitu ya.. Sepupu gue bilang kalau dia cuma DP ga seberapa, tapi WO-nya membantu banget, sampe hal perintilan banget. Dan temen kantor gue itu, DP dengan WO mereka jg dengan minimal tapi harga maksimal. Ga ada tuh mesti 50% atau apa. Malahan temen kantor gue belum melunasi WO mereka sampai kurang lebih H-10 dari merid dia.

Gue berpikir, kenapa gue ga ditanya sama sekali ni.. perkembangan vendor2 gue atau apa gitu. Beberapa kali kita coba kontek mereka, mereka tidak buka stand di pameran dan lagi banyak pengantin katanya. Saat itu gue mencoba perfikir positif. Tapi, sekarang pikiran gue uda gak positif lagi! Hahaha! Awalnya, Eric coba menenangkan gue. Tapi sekarang dia jadi mikirin juga. Salah gue bukan sih? hahaha

Bukannya apa ya, tapi di awal gue juga ga dikasi job desk mereka dan lain-lain. Surat kontrak kerja pun belum. Katanya gampang (karena teman? haha!). 
Minggu kemarin, saat gue ketemu salah satu rekanan entertain venue gue (akan dijelasin dipost terpisah untuk entertaint ini ya ^^), eh ternyata gue sama dia saling kenal dong (betapa sempit dunia itu). Dia deket juga sama temen SMA gue yang WO itu. Pas gue tanya apa benar dengan minimal 2 pengantin untuk WO dan 3 pengantin untuk entertain. Dan dia ketawa masa. Lucu kali disangka gue cerita kaya gitu -___-
Dia cuma bilang, sebelum dia bukan entertaint sendiri, dia pernah ikut di WO itu. Dan si WO itu pernah bisa menerima 40 pengantin dalam 1hari dan kalau mereka banyak job, mereka banyak pake orang cabutan gitu deh. HAHAHA. how pitty i am? diboongin deh gue.

Nyesel langsung dong gue. Ishhh.. Padahal maksud gue kan karena temen gue percaya kan yah. Kalo gitu mah mending gue pake yang ga kenal aja. Harga beda tipis tapi bikin gue pusing.
Gue langsung mikir untuk cari WO lain. Gile kalo nanti acara gue acak-acakan gimana? ga bisa keulang itu kan! Euurggghhhh.. kepala langsung cenut-cenut.

Kita uda sempet minta penawaran dari 3 WO lain. 2 diantaranya uda ketemu. Salah satunya adalah WO yang dipake sama Vira (dadah dadah sama Vira). Cuma dari sebelum ketemu, kita dapet bocoran kalo si WO ini itu awalnya juga dari WO yang udah deal sama gue itu. Dan ketika gue liat jobdesk dan dia minta dp 50% di awal sebagai tanda jadi, dan baru akan kontek gue 2 bulan sebelumnya, gue langsung muter otak lagi.
Gue ga mau kecewa dua kali. Eric jadi lebih strict nih milihnya. Keputusan buat ganti WO gak gampang. dengan menghitung budget yang udah bengkak dan WO itu gak murah. Oia, ditambah DP yang udah terlanjur dibayarkan waktu itu. Gue sampe sekarang ga tau sih, DP itu bisa dibalikin atau nggak. Cuma kayaknya sih ga bisa ya. Kalo dari WO yang kita ketemu itu, dp bisa keluar lagi kalo si capeng batal kawin. Wkwkwk. Ya kali gue mesti batal kawin kalo mau minta duit balik. ckckck

Kemarin si pacar sih coba bbm si WO itu ya... Cuma belum ada jawaban. Kita tunggu saja ya..
Jangan-jangan alasan dia ga kontek2 gue adalah, dia mulai kerja dari H-2bulan (mengingat WO Vira itu dulu gabung sama si WO ini, dan cara kerja mereka yang mirip-mirip).
Atau... emang gue harus bayar 20% nya lagi itu baru dia mulai kerja? HAHAHAHA. Ada uang ada service gitu?! Kalo emang kaya gitu ya, gue langsung angkat kaki cari WO lain dah. 

*ngetik sambil kepala ngebul emosi*

17 komentar:

  1. Ooo jadi gitu toh ceritanya mei...hehehehe...
    klo wo yg gueh pake ituh, emg dari awal deal g ekspetasi tinggi deh, apalagi diliat dr segi harga, en dtulis jg cuma 2 apa 3x ketemu gituh. Gueh deal di Maret klo g salah trus baru ketemu lagi di juni/juli...nah trus kontek-kontek jg cuma lwt bbm or telpon ajah...Ada dulu dy cuma suruh ngasih nama-nama vendor en kontaknya, ituhpun gueh undur-undur deh...trus pas ketemu juni/juli ituh lgs ngomongin soal rundown acara, trus ketemu lagi di tekmit...udah...

    nah abis tekmit ituh deh baru intens konteknya...

    udh coba nanya belom k orang wo yg luh udh deal-in ituh?? coba deh komunikasikan dulu, klo msh g sreg jg, cba tanya soal depe ituh bisa kembali apa ga...

    daripada ujung-ujungnya nanti menyesal...hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Vir.. makanya itu.. kalo misalnya cara kerja WO gue ini sama kaya WO lu.. berarti gue akan dikontek 2bulan sebelum hari H.
      soalnya kayanya mirip bgt dehh cara kerja mereka.
      ditambah si ko R nya itu bilang, kalo mw dy MC bisa.. dy rekanan sama si WO gw itu. wkwkwk

      kmrn itu cowo gw coba bbm sih Vir.. tapi gw belum tau kelanjutannya gimana..

      Bener banget vir.. takut nyesel nantinya..

      Hapus
    2. nah coba tunggu jawaban dari wo luh ituh gmana, klo masih g sreg y sudah...lepas...klo msh bisa dilanjutin drpd depe hangus ya lanjutin...
      kek kata melisa, klo cabutan tp leadernya bagus,menurut gueh si ga ngaruh...hehehehehehe

      Hapus
    3. vir vir... uda dibales sama WO nya..
      jadi katanya harusnya paling lama 1mnggu stelah gw DP, udah dihubungin sama tim WO nya. Tapi berkas gue belom keurus katanya. say sorry sih dy. Dy blg yg ngurus nyokabnya klo WO.
      gw sih blg gw uda terlanjur bete.
      Dy blg, dy cb bantu urus. Besok dikabarin.
      Cuma akhirnya gmana si cowo gw bilang, akhirnya DP itu bisa dialihkan vir.. entah ke projector/performance lain...
      mungkin kalo ga ngmg sm ortunya, ga bakal dikasih..

      Hapus
    4. baguslah klo kek gituh ya mei...
      smoga cepet beres urusan WO nya inih...

      Hapus
  2. kalo wo gua dulu juga minta DP 50%, kebetulan mereka2 ini temen2 kita jadi ya percaya2 aja... dan emang WO itu mulai kerja aktif 2 ato 3 bulan sebelumnya... dari abis deal selalu gua yg contact mereka buat nanya2 tentang vendor, secara mereka kan uda pengalaman ya... ada sih mereka bbm bbrp kali buat nanya vendor2 apa yg kurang...

    kalo masalah cabutan, bisa juga... soalnya si suami juga sering dicabut buat bantuin wo hahahaha... sebenernya wo cabutan itu fine2 aja sih, asal si leader jelas ngasih job desknya...

    coba lu cari review2nya tentang si wo... gua sebelum deal dengan vendor manapun, selalu cari tau reviewnya, jadi uda bayangan ini vendor kayak gimana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga sih Mel.. kayanya kita yg harus aktif terus ya.. menjelang hari H baru mereka aktif.. gt ya?
      Cabutan kalo oke sih gpp Mel.. :)
      review nya sih ada yg jelek ada yg ga.. cuma lebih bnyk review ttg entertaint mereka Mel.. makanya, bingung juga harus gimana..
      di satu sisi ga enak krna temen, di sisi lain ada betenya jg.

      Hapus
  3. Aku waktu itu gak pake WO mei karna acaranya juga gak gede2 amat. Sebenernya WO itu emng penting banget sih .. Waduh kamu mana udah dp lagi ya.. Iya coba aja dulu cari review2 tentang si WO itu dan tetep cari kabarnya juga. Kalo emang tetep gak ada kabar mending ganti WO soalnya kalau stick sm mereka tau2 gak beres kan gak bisa diulang yah.. Ayo semangat! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiihi.. iya makasi ya Re..

      uda ada jawaban sih dr si temen gue itu.
      katanya beras gue 'ter-pending'. dy say sorry sih, dy ga tau kalo ternyata nyokabnya (yg urus WO) belom kontek2 gw lg setelah gw DP. harusnya 1 minggu stlh DP uda di kontek.. hufftt

      Hapus
  4. Hai Mei.. kalau untuk kelancaran acara memang lebih baik pake WO yah.. Tapi aku pribadi gak pake Wo, tapi pake saudara jp yang memang dia kerja sebagai WO dan dibantu sama pihak keluarga (sepupuku). hehehe.. *tetep aja yee*.

    Better kalo kamu masih mau tetep pake WO yang udah kamu DP. kamu harus clearin lagi deh apa aja yang kamu dapetin di hari H dan gimana rundownnya. kalo memang sistem kerjanya 2-3 bulan sebelum Hari H dan kamu masih sreg dengan mereka, kan gak perlu minta dp balik. Tapi semuanya balik lagi ke kamu. jangan gegabah juga untuk narik kembali WO yang udah kamu DP. karena siapa tau mereka gak bermaksud begitu *gak membela yaah*

    Semoga urusan WO ini juga bisa kelar yah mei, dan bisa dapetin sesuai dengan apa yang mereka janjikan.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya poi.. sebenernya juga gak masalah sama tmn SMA gw ini. kmrn pun gw masih blg sm cowo gw, kalo misal dy yg handle, gw akan ttp lanjutin.
      Cuma bukan dy poi.. ada yg lain yg urus.. gw tau bgt dy baik, cm udah kebawa bete kmrn aja. dy jg ud terbuka kalo salah dr WO dy yg ga kontek2 gw kmrn itu... kelalaian mereka..
      cuma entahlah.. gw jg nurutin cowo gw sih poi..
      untuk emosi, gw uda kalem2 aja..
      untuk dp nya sih bisa dialokasiin ke yg lain. :)

      Hapus
  5. Berhubung ekeh belum ada pengalaman sama WO jadi cuma bantu doa aja semoga dirimu segera dpt kepastian dr WO yg pertama. Kalo ga, biarlah dipertemukan dgn WO lain yg emang bertanggung jawab dgn kerjaan mereka :D

    BalasHapus
  6. Wah jdnya kamu pake WO mana mei?
    Aku juga pengen pake WO dr Vira tp belum tau nih. Kmrn ada ngobrol2 ga sama ko R'nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai ren.. gua blom update yah jd gw oake wo apa? hahaha..lupa bgt loh..
      kmrn ngbrl ren.. tp gitu.. agak krg klop sih wkwkwk

      Hapus
  7. Eh baru baca nih Mel. Kalo gue dulu sangat2 terbantu sama WO. Ini WO purely professional alias ga ada hubungan keluarga atau temen haha. WO yg gue pake itu udah langganan keluarga dan gue recommend ke temen2 juga akhirnya pd pake semua dan puash banget. Kalo km blm decide, dan mau coba, lemme know. Japri aja via contact form di blog gue ya.

    BalasHapus